Kamis, 29 Maret 2018

Manajemen Layanan Sistem Informasi - Analisa Absensi Finger Print

Analisa Absen Finger Print


Latar Belakang
Pada awalnya banyak perusahan yang menggunakan system absen secara manual yaitu dengan menggunakan mesin absensi kartu. Lalu banyak karyawan yang melakukan kecurangan dengan menitipkan kartu absen mereka kepada teman untuk di absenkan sehingga perusahan menglami kerugian sehingga hadir alat absen baru yang menggunakan finger print atau sidik jari yang langsung terintegrasi dengan data karyawan di perushaan tersebut sehingga tingkat kecurangan berkurang.

Tujuan Analisa
Tujuan dari Analisa ini adalah
untuk mengurangi tingkat kecurangan yang dilakukan oleh karyawan
memudahkan perusahaan untuk melakukan system penggajian dan lain lain

Rumusan Masalah
Apakah system tersebut sudah efektif dalam mengurangi kecurangan karyawan dalam absensi ?
Apakah system ini memiliki system keamanan yang baik ?

PEMBAHASAN
Menurut pendapat kami framework yang digunakan pada absensi finger print adalah menggunakan layanan system informasi COBIT.
Control Objective for Information & Related Technology (COBIT) adalah sekumpulan dokumentasi yang dapat membantu auditor untuk mengurangi resiko bisnis dan kebutuhan control dalam masalah-masalah teknis IT.

Berikut ini Kerangka kerja dari COBIT
  • Control  Objectives

Tujuannya sebagai pengendalian tingkat tinggi yang terdiri dari 4 domain, yaitu :

  • planning & organization

dalam domain ini mengutamakan proses dan penyelarasan strategi TI, strategi perusahaan, untuk memberikan kontribusi makasimal terhadap pencapain tujuan bisnis.
  • Acquisition & Implementation

Berkaitan dengan implementasi dan integritas dalam proses bisnis yang meliputi perubahan dan perawatan yang dibutuhkan system yang sedang berjalan dan memastikan system tetap terjaga
  • Delivery & Support 

Mencakup keamanan system dan bantuan dalam pemenuhan proses data yang ada dalam sistem
Monitoring & Evaluation.
Mengontrol dan mengevaluasi system yang dipakai dalam suatu perusahaan
  • Audit Guidelines

Tujuannya sebagai pengendalian dalam memberikan saran perbaikan.
  • Management Guidelines

Tujuannya memberikan arahan yang spesifik


Selain itu ada juga metode yang digunakan manajemen layanan system informasi, yaitu :
  • Total Quality Management (TQM) Adalah suatu strageti manajemen untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses.
  • Six Sigma Adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti TQM, mengutamakan pengendalian kualitas.
  • Business Process Management (BPM) Adalah suatu metode pendekatan manajemen holistic untuk menigkatkan efektifitas dan efesiensi bisnis seiring dengan kaingin dan kebutuhan organisasi tersebut.
  • Capability Maturity Model Integration (CMMI) Adalah suatu proses perbaikan yang memberikan unsur-unsur penting yang efektif bagi organisasi.


Biometric adalah teknik yang dikembangkan berdasarkan keunikan dari mekanisme, fisik dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan tubuh makluk hidup seperti zat kimia yang dihasilkan (Physiological) serta prilaku masing-masing individu tersebut sehingga bisa dibedakan individu satu dengan yang lain. hal ini memungkinkan untuk mencegah pemalsuan identitas yang masih banyak dilakukan dengan adanya teknologi ini tigkat pemalsuan identitas dapat berkurang karena menggunakan sidik jari yang berbeda-beda. contohnya pada saat absen dengan menggunakan kertas dan menandatangani buku absen kita bisa saja menitipkannnya pada seseorang dengan mengikuti tanda tangan seseorang yang tidak hadir ini maka dibuatlah sebuah teknologi untuk menangani masalah ini yaitu dengan finger print(atau absen sidik jari). Teknologi ini sangat mudah untuk dipergunakan hanya menempelkan salah satu jari kita pada alat kemudian alat ini akan menscan sidik jari kita kemudian sidik jari ini akan tehubung dengan server yang menampung semua data DNA sidik jari tersebut yang telah dimasukkan dan terdapat sebuah database yang dapat mengecek orang yang masuk dan didalam perusahaan atau sekolah yang skrang sudah ada yang menerapkan teknologi ini untuk mencegah kecurangan dalam absen. Keuntungan menggunakan system ini adalh menghemat biaya dan waktu dalam hal absen. Jika dalam perusahaan seorang manajer dapat memantau karyawannya dengan melihat databasenya yang masuk dan tidak dan memmudahkan proses penggajian karyawan agar perusahaan tersebut tidak rugi

Kelebihan biometriksidik jari
  • Keunikan sidik jari karena setiap orang memiliki sdik jari yang berbeda-beda
  • Memberikan kenyamanan karena orang mudah untuk mengoperasikannya
  • Untuk keamanan masih relative karena masih dapat dipalsukan(plagiat/hack)

Kesimpulan
Jadi kesimpulan dari artikel ini adalah system absen yang masih manual masih banyak memiliki celah untuk karyawan bebuat kecurangan sehingga dibuatlah system yang baru dengan menggunakan sidik jari sebagai tanda pengenal yang memiliki keunikan dan juga memudahkan perusahaan dalam mengawasi karyawan yang sering bolos.

Saran
Saran untuk system ini mungkin tingkat keamanan nya di tingkatkan lagi agar tidak ada kejadian yang tidak di inginkan seperti pembajakan dan lain lain.

Referensi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar