Selasa, 28 November 2017

Trend sist/TI masa depan dan dalam dunia bisnis

Kali ini saya menjelaskan tentang Trend Sistem Teknologi Informasi masa depan. disini terdapat beberapa point yang ingin saya share yaitu:
  • Ekonomi API
  • Robot manusia
  • Pekerja Teknologi informasi bagi masa depan
  • Pengertian dan tujuan bisnis
  • Teknologi informasi dan dunia bisnis
  • Prosedur pendirian bisnis, kontrak kerja, prosedur pengadaan
  • Aplikasi bisnis
  • Proses dan stategi pengembangan bisnis TI
  • dan, Aturan e-business pada bisnis
langsung liat diread dibawah nih!!!

Ekonomi API(Aplikasi Penghubung Pemograman)

Pengertian API


API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintahfungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain. 

API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol.

Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system callssama dengan nama di API.

System call interface ini berfungsi sebagai penghubung antara API dan system call yang dimengerti oleh sistem operasi. System call interface ini akan menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian akan memanggil system calls yang diperlukan. Untuk membuka suatu file tersebut user menggunakan program yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan API


Keuntungan menggunakan API

Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
  • Portabilitas. 

Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system callberbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
  • Lebih Mudah Dimengerti. 

API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
Contoh penyedia layanan API adalah Info Cuaca, kita bisa membuat aplikasi tentang cuaca yang selalu update, dan data yang di ambil dari API penyedia layanan. Berikut 5 penyedia layanan API info cuaca yang bisa digunakan untuk membuat wheater apps API.

Robot Manusia 

Pengertian Robot 

Ada banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahl mengenai robot. Bagi orang awam pengertian robot adalah suatu alat yang menyerupai manusia, namun struktur tubuhnya tidak menyerupai manusia melainkan terbuat dari logam, menurut beberapa ahli pengetian robot adalah:
  • Robot adalah sebuah manipulator yang dapat di program ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan juga mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya, oleh Robot Institute of America.
  • Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent, oleh official Japanese.

Klasifikasi robot
  • Non Mobile Robot

Robot ini tidak dapat berpindah posisi dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga robot tersebut hanya dapat menggerakkan beberapa bagian dari tubuhnya dengan fungsi tertentu yang telah dirancang. contoh : robot manipulator berlengan
  • Mobile Robot

Mobile dapat diartikan bergerak, sehingga robot ini dapat memindahkan dirinya dari satu tempat ke tempat lain. dari segi manfaat, robot ini diharapkan dapat membantu manusia dalam melakukan otomasi dalam transportasi, platform bergerak untuk robot industri, eksplorasi tanpa awak dan masih banyak lagi.
contoh : Robot Line Follower
  • Gabungan Mobile Robot dan Non Mobile Robot
Robot ini merupakan penggabungan dari fungsi-fungsi pada robot mobile dan non-mobile. sehingga keduanya saling melengkapi dimana robot nonmobile dapat terbantu fungsinya dengan bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
  • Robot Humanoid
Robot ini dirancang dengan menirukan anatomi dan perilaku manusia. Fungsi-fungsi tubuh manusia baik lengan, kaki, mata, dan pergerakan sendi kepala dan bagian lainnya sebisa mungkin diterapkan dirobot ini.
contoh: robot ASIMO buatan jepang 

  • Penjelasan tentang robot ASIMO

ASIMO (アシモ ashimo?) adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.
Menurut Honda, ASIMO merupakan akronim untuk "Advanced Step in Innovative MObility"(Langkah besar dalam pergerakan inovatif). Pernyataan resmi Honda tersebut bertentangan dengan persepsi umum yang mengira bahwa kata "ASIMO" berasal dari nama penemu Tiga Hukum RobotikIsaac Asimov. Selain itu, dalam bahasa Jepang, pelafalan "ashimo" bisa berarti "kaki juga" (dari bahasa Jepang "脚も").
  • Penjelasan tentang robot Canadarm 

The Shuttle Remote Manipulator System ( SRMS ), juga dikenal sebagai Canadarm ( Canadarm 1 ), adalah serangkaian senjata robot yang digunakan pada pengorder Space Shuttle untuk menyebarkan, manuver dan menangkap muatan . Setelahbencana bencana antar-jemput di Columbia Columbia , Canadarm selalu dipasangkan dengan Orbiter Boom Sensor System(OBSS), yang digunakan untuk memeriksa eksterior Shuttle untuk kerusakan pada sistem proteksi termal .
  • Pengembangan robot Canadarm

Pada tahun 1969, Kanada diundang oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk berpartisipasi dalam program Space Shuttle . Pada saat apa partisipasi itu diperlukan, belum diputuskan namun sistem manipulator diidentifikasi sebagai komponen penting. Perusahaan Kanada DSMA ATCON telah mengembangkan robot untuk memasukkan bahan bakar ke reaktor nuklir CANDU ; Robot ini menarik perhatian NASA. Pada tahun 1975, NASA dan Canadian National Research Council (NRC) menandatangani sebuah nota kesepahaman bahwa Kanada akan mengembangkan dan membangun Sistem Manipulator Jarak Jauh Jarak Jauh. 

NRC memberikan kontrak manipulator kepada Spar Aerospace . Tiga sistem dibangun dalam kontrak desain, pengembangan, uji dan evaluasi ini: sebuah model teknik untuk membantu dalam perancangan dan pengujian Canadarm, model kualifikasi yang dikenai pengujian lingkungan untuk memenuhi syarat desain untuk penggunaan di ruang angkasa, dan unit penerbangan. Anthony "Tony" Zubrzycki, seorang insinyur desain di DSMA ATCON, saat diperbantukan dengan SPAR, berasal dari konsep Canadarm End Effector, yang terinspirasi oleh band elastis di sekitar jarinya. Tony secara resmi mempresentasikan konsep ini kepada pejabat NASA. Frank Mee, kepala laboratorium pengembangan mekanik SPAR, membangun prototip end effector berdasarkan konsep Tony dan dikreditkan oleh SPAR sebagai penemu Canadarm End Effector. Desain crossover tiga kawat dimenangkan melalui mekanisme mirip cakar dan yang lainnya, seperti model iris kamera, yang sedang dipertimbangkan.

Algoritma kontrol utama dikembangkan oleh SPAR dan oleh subkontraktor Dynacon Inc. dari Toronto . CAE Electronics Ltd. di Montreal menyediakan panel display dan kontrol dan pengendali tangan yang terletak di dek penerbangan Shuttle aft flight. Antarmuka elektronik lainnya, servoamplifier dan conditioner daya yang terletak di Canadarm dirancang dan dibangun oleh SPAR di pabriknya di Montreal. Lengan komposit grafit yang memberikan hubungan struktural antara bahu dan sendi siku dan ledakan serupa yang menghubungkan siku ke pergelangan tangan diproduksi oleh General Dynamics di Amerika Serikat. Dilworth, Secord, Meagher and Associates, Ltd. di Toronto dikontrak untuk menghasilkan model akhir rekayasa sehingga SPAR mengembangkan rancangan dan menghasilkan unit kualifikasi dan penerbangan. Perangkat lunak penerbangan antar-jemput yang memantau dan mengendalikan Canadarm dikembangkan di Houston, Texas , oleh Divisi Sistem Federal IBM . Divisi Sistem Angkutan Luar Angkasa Rockwell International merancang, mengembangkan, menguji dan membangun sistem yang digunakan untuk memasang Canadarm ke teluk muatan pengorbit.

Sebuah upacara penerimaan untuk NASA diadakan di Divisi RMS Spar di Toronto pada tanggal 11 Februari 1981. Di sini Larkin Kerwin , yang kemudian menjadi ketua NRC, memberi nama informal kepada SRMS, Canadarm. 

Sistem manipulator jarak jauh pertama dikirim ke NASA pada bulan April 1981. Secara keseluruhan, lima lengan (lengan 201, 202, 301, 302, dan 303) dibangun dan dikirim ke NASA. Arm 302 hilang dalam kecelakaan Challenger . 
  • Desain dan Kemampuan Canadarm
 

F. Story Musgrave , berlabuh di ujung Canadarm, bersiap untuk diangkat ke puncak Teleskop Luar Angkasa Hubble selama STS-61 .

Canadarm asli mampu mengerahkan dan mengambil muatan yang beratnya mencapai 332,5 kg (733 lb) di luar angkasa. Pada pertengahan 1990-an sistem kontrol lengan didesain ulang untuk meningkatkan kemampuan muatan menjadi 3.293 kg (7.260 lb) untuk mendukung operasi perakitan stasiun luar angkasa. Sementara mampu manuver muatan dengan massa bus yang dimuat di ruang angkasa, motor lengan tidak bisa mengangkat beban lengan sendiri saat berada di tanah. NASA mengembangkan model lengan untuk digunakan di fasilitas pelatihannya di Johnson Space Center yang berlokasi di Houston, Texas. Canadarm juga dapat mengambil, memperbaiki dan menyebarkan satelit, menyediakan tangga ekstensi mobile untuk anggota awak kegiatan ekstravistik untuk stasiun kerja atau pengekangan kaki, dan digunakan sebagai alat bantu inspeksi untuk memungkinkan awak pesawat melihat permukaan pengorbit atau payload melalui kamera televisi di Canadarm.

Konfigurasi Canadarm dasar terdiri dari sebuah lengan manipulator, sebuah layar dan panel kontrol Canadarm, termasuk pengendali tangan rotasi dan translasi di stasiun awak pesawat pengintai pesawat terbang orbiter, dan unit antarmuka pengontrol manipulator yang berinteraksi dengan komputer pengorbit. Sebagian besar waktu, operator lengan melihat apa yang mereka lakukan dengan melihat layar Advanced Space Vision System di sebelah pengendali.
  • Penyelenggara Akhir Canadarm 1.

Seorang anggota awak mengoperasikan Canadarm dari stasiun kontrol dek penerbangan, dan anggota awak kedua biasanya membantu operasi kamera televisi. Hal ini memungkinkan operator Canadarm untuk melihat operasi Canadarm melalui bejana dek belakang pesawat terbang dan jendela overhead dan melalui monitor televisi sirkuit tertutup di stasiun dek penerbangan belakang.

Canadarm dilengkapi dengan mekanisme berbasis bahan peledak untuk memungkinkan lengan disingkirkan. Sistem pengaman ini memungkinkan pintu pengangkut muatan Orbiter ditutup jika arm gagal dalam posisi diperpanjang dan tidak dapat ditarik kembali. 

Canadarm berukuran 15,2 m (50 kaki) dan diameter 38 cm (15 in) dengan enam derajat kebebasan . Beratnya 410 kg (900 lb) dengan sendirinya, dan 450 kg (990 lb) sebagai bagian dari total sistem. Canadarm memiliki enam sambungan yang sesuai kira-kira dengan sendi lengan manusia, dengan yaw bahu dan sendi pitch, sambungan pitch siku, dan pergelangan tangan, yaw, dan sambungan roll. The end effector adalah unit di ujung pergelangan tangan yang bergulat fixture grapple payload itu. Dua segmen boom ringan disebut lengan atas dan bawah. Boom bagian atas menghubungkan sendi bahu dan siku, dan baling-baling yang lebih rendah menghubungkan sendi siku dan pergelangan tangan.

Pekerja Teknologi Informasi Bagi Masa Depan
  • IT Consultant 
IT Consultant merupakan peluang kerja teknik informatika selanjutnya yang memiliki prospek baik di masa depan. Seseorang yang mendalami seluk beluk dunia Teknologi Informasi akan memahami berbagai teori dan bahasa pemrogaman. Ia juga akan memiliki kemampuan mumpuni untuk membuat berbagai program komputer yang sangat canggih. Oleh karena itu, sarjana teknik informatika dapat menggeluti profesi konsultan TI. Profesi yang satu ini dapat membuat lulusan TI dapat mengaplikasikan ilmunya secara nyata untuk kemajuan organisasi. Ia dapat merancang, mengimplementasikan, serta mengevaluasi penerapan teknologi informasi di dalam suatu organisasi.

Salah satu lowongan kerja TI yang banyak ditawarkan adalah sebagai web administrator atau web engineer. Perkembangan teknologi informasi membuat berkembang juga website di dunia maya. Website ini menjadi suatu media untuk penyampaian informasi melalui internet. Untuk dapat membuat website, seseorang harus mendalami berbagai rincian teori pemrograman, yang tentu saja dikuasai oleh sarjana teknik informatika. Profesi web administrator atau web engineer bertugas untuk merancang website dengan basis fitur, domain, dan berbagai layanan di dalamnya. Selain itu, profesi yang menjadi peluang kerja teknik informatika prospektif ini bertugas untuk mengembangkan dan memelihara website di suatu organisasi.
  • Contoh kasus

Di Zaman yang serba modern ini kehidupan manusia sudah lebih instan. Dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin berkembang, seperti robot yang diciptakan manusia untuk membantu manusia melakukan pekerjaanya. Contohnya robot yang berada di industri makanan. Mesin robot ini membantu pekerjaan manusia untuk mengisi makan dan mengemas makanan yang akan di produksi. Masih banyak yang lainya, seperti manusia dibantu oleh robot untuk menentukan arah jalan atau robot yang membantu manusia untuk menunjukan arah.

Selain itu robot memiliki kelebihan dan dapat membantu manusia didalam melakukan pekerjaan robot juga banyak memiliki dampak yang merugikan bagi manusia seperi contohnya adalah Dampak terhadap manusia. Sempitnya lapangan kerja. Karena pekerjaan sudah diambil alih oleh robot.

Mentalitas teknologi, hal ini tercermin pada kepercayaan yang berlebihan pada alat (teknosentris), seolah-olah segala sesuatu dapat dipecahkan oleh teknologi dan sesuatu akan lebih meyakinkan kalau dilakukan dengan peralatan dan disertai angka-angka.

Krisis teknologi, berbagai krisis yang melanda dunia abad ini terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi yang terlalu cepat, sehingga proses adaptasi dan integrasi tidak dilakukan. Akibatnya terhadap individu ialah technostress, penyakit urban, penyakit peradaban

Pengertian Bisnis

Pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.

Manfaat Bisnis

Lalu, apa manfaat dalam berbisnis? Tentu saja paling utama adalah memperoleh keuntungan khususnya dalam bentuk uang. Berikut beberapa manfaat bisnis:
  • Memperoleh Penghargaan/Pengakuan
Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri. 

  • Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI

Kapan lagi anda dapat menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.
  • Menggaji diri sendiri

Enak bukan, anda tentukan penghasilan anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
  • Atur Waktu Anda Sendiri

Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda. Uenak bukan
  • Masa Depan yang lebih cerah

Masa depan anda, bisa dikatakan anda yang atur, semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Tujuan Bisnis

Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.

Pada umunya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi:
  • Profit
  • Pengadaan barang atau jasa
  • Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
  • Full employment
  • Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
  • Kemajuan atau pertumbuhan
  • Prestise dan prestasi

Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :
  • Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
  • Untuk memakmurkan keluarga
  • Ingin namanya dikenal banyak orang
  • Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
  • Ingin mencoba hal baru
  • Ingin memanfaatkan waktu luang
  • Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
  • Ingin mendapat simpati. Dsb.

Fungsi Bisnis

Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.
Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
  • Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis(form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
  • Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungsi distribusi
  • Bisnis mengubah pemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan

  • Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan. (time utility), atau fungsi pemasaran

Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
  • Untuk mencari bahan mentah (acquiring raw material)
  • Untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)

  • Untuk menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)

Prosedur Pendirian bisnis, Kontrak kerja, dan Prosedur Pengadaan

Peran Teknologi informasi (TI) dalam upaya mengintegrasikan seluruh proses bisnis memang tidak bisa dibilang kecil. Beragam solusi aplikasi dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mewujudkan upaya ini. Dari sisi karyawan, solusi pengelolan sumber daya manusia (HRM), memungkinkan terciptanya SDM yang efektif, dan kontrol administrasi yang relatif akurat.Sumber Daya Manusia di perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan menghasilkan kinerja tinngi bagi perusahaan.Untuk pelanggan, perusahaan dapat menggunakan Selling Chain Management. Solusi ini memungkinkan perusahaan menjalankan aktifitas pemasaran (marketing) penjualan (sales) dan pelayanan pelanggan secara bersamaan menhhasilkan output berupa pemanfaatan aplikasi Customer Relationship Management (CRM).

Kesimpulan
Aplikasi teknologi informasi dan komunikasi dalam praktek komunikasi bisnis telah memberikan hasil yang positif terhadap dunia bisnis dimana para pelakunya dapat bersaing dengan para competitor dan dapat diterima oleh pasar secara global.


Pendirian Bisnis

Berikut ini adalah prosedur-prosedur yang harus dilakukan:
  • Tahapan pengurusan izin pendirian

Bagi badan usaha berskala besar, hal ini menjadi prinsip yang paling penting demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hingga izin perluasan.
  • Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
Tidak semua badan usaha harus berbadan hukum. Akan tetapi, setiap badan usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar, maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku.

  • Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
Badan usaha dikelompokkan berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian, dan sebagainya.

  • Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain
Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun, diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha, misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian industri yang berupa SIUP.


Kontrak Kerja

Definsi kontrak kerja adalah suatu bentuk perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan.
Adapun isi kontrak kerja yaitu, hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan selama terikat hubungan kerja, yang ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja tersebut oleh pimpinan perusahaan dan karyawan.

Terdapat 3 sistem kontrak kerja, yaitu:
  • Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), karyawannya biasa disebut dengan karyawan kontrak. Lamanya kontrak 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Masa kontrak bisa diperpanjang dengan maksimal 2 tahun.

  • Perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT), karyawan dengan kontrak ini disebut dengan karyawan permanent (tetap). Perjanjian kerja yang dibuat bersifat tetap. Pada kontrak kerja ini, karyawan bisa langsung menjadi tetap/permanent atau melalui masa percobaan kerja (probation) untuk paling lama 3 (tiga) bulan. Setelah lulus masa percobaan, karyawan tersebut baru bisa menjadi karyawan tetap.

  • Untuk kontrak kerja melalui outsourcing, anda akan mengikuti hak dan kewajiban perusahaan outsorcing, walaupun nantinya anda akan disalurkan ke perusahaan yang menjadi klien perusahaan outsourcing, sehingga perjanjian yang dibuat adalah perjanjian tidak langsung dengan tempat anda ditugaskan untuk bekerja. Sedangkan untuk kontrak kerja langsung dengan perusahaan, anda mengikuti hak dan kewajiban perusahaan tersebut.

Prosedur pengadaan

Prosedur pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.

Perencanaan Tenaga KerjaPerencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis. Job Analysis terbagi menjadi 2, yaitu Job Description dan Job Specification/Job Requirement. Tujuan Job Analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri, yaitu untuk reorganisasi, penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru.

Aplikasi Bisnis 
  • Pengertian Aplikasi Bisnis

Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet.

Manfaat penggunaan aplikasi mobile dalam berbisnis:
  • Menciptakan saluran pemasaran langsung

Manfaat terpenting dalam penggunaan aplikasi mobile adalah penyebaran bermacam-macam informasi secara umum seperti harga, news feed, akun pengguna, bentuk pemesanan, messenger, dan lainnya bisa dengan mudah diterima oleh para pelanggan. Jadi, semua info yang mau Anda berikan ke pelanggan semacam promosi atau penjualan khusus bisa mudah di-sharingkan hanya dengan sentuhan ujung jari mereka. Misalnya dengan memakai fitur push notifications, Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan pelanggan secara langsung serta memberikan informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Pelanggan mendapatkan nilai lebih dari Anda

Pelanggan bisa memanfaatkan dan mendapatkan aplikasi mobile dengan digitalisasi program loyalitas yang diberikan oleh Anda. Biasanya jika pelanggan harus mengumpulkan poin dengan kartu mereka, mengapa tidak mulai sekarang memakai aplikasi mobile yang memungkinkan pelanggan untuk mengumpulkan hadiah mereka? Hal ini akan membuat makin banyak download dan pelanggan mau kembali berbelanja produk/ jasa yang ditawarkan.
  • Membangun dan pengenalan akan merek

Aplikasi mobile bagi bisnis Anda selain sebagai sarana dalam penyebaran informasi juga berkontribusi dalam kesadaran merek Anda. Berikut dua hal yang membuat aplikasi mobile akan tampil lebih baik:
  1. Merek: Aplikasi mobile seumpama adalah sebuah billboard kosong dimana Anda dapat melakukan apa saja yang diinginkan dengannya. Dan hal yang harus sungguh-sungguh Anda lakukan adalah membuat suatu aplikasi dengan desain yang bagus serta fitur-fitur yang akan disukai oleh para pelanggan.
  2. Pengenalan: Anda harus berusaha membuat pelanggan sering terlibat dengan aplikasi mobile yang dibuat agar mereka cenderung semakin cepat membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh Anda.

  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan

Anda harus berusaha membangun dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan cara apapun melalui aplikasi mobile. Contohnya pelanggan bisa terhubung dengan Anda dengan fitur help desk atau fitur pesan, hal ini akan membuat perbedaan cara berkomunikasi Anda dengan pelanggan. Komunikasi yang baik akan membuat pelanggan semakin tertarik dengan produk/ jasa Anda.
  • Menonjol dalam persaingan

Aplikasi mobile mungkin jarang dipakai oleh usaha kecil dan justru hal inilah saat bagi Anda mengambil peluang di hadapan para pesaing. Jadilah yang pertama memakai serta mengembangkan aplikasi mobile kemudian mulai menawarkannya ke para pelanggan di lingkungan bisnis Anda.

Contoh Aplikasi Bisnis 
  • My Budget Book

My Budget Book dapat membantu Anda dalam melacak pengeluaran dan pendapatan, serta membantu Anda mengelola uang secara lebih efektif. Modus anggaran memungkinkan Anda untuk mengatur berbagai tujuan dan untuk jangka waktu tertentu. Anda juga dapat menentukan batas-batas untuk akun seperti kartu kredit atau jenis pembayaran lainnya.

Fitur Utama :
  1. Hanya dapat digunakan secara Offline. Untuk alasan keamanan, aplikasi tidak memiliki izin internet.
  2. Tidak ada iklan dan tidak ada biaya tersembunyi dalam aplikasi.
  3. Visualisasi statistik sebagai tabel dan grafik serta dapat melihat bagaimana anda menghabiskan uang.
  4. Dapat melakukan backup sehingga Anda tidak pernah kehilangan data Anda (termasuk backup otomatis).

  • LinkedIn
     
LinkedIn dikenal sebagai jejaring sosial untuk para profesional. Platform ini memiliki fitur yang diperlukan untuk meningkatkan jaringan profesional Anda. Pengguna juga dapat menggunakan LinkedIn untuk tetap berhubungan dengan kelompok-kelompok bisnis dan belajar tentang inovasi baru dan praktek industri. Pengguna dapat juga melamar pekerjaan langsung dari LinkedIn. Aplikasi mobilenya didesain dengan baik untuk melayani kebutuhan pengguna bisnis.


Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Aturan E-business pada bisnis
  • Komunikasi adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.

  • Komersial adanya sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang,  pemesanan barang,  pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran  (pihak bank).

  • Proses bisnis Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaatsemaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan  perdagangan yang dilakukan secara tradisional.

  • Layanan Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.

  • Learning Untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.

  • Kolaborasi  adanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.

  • Komunitas Dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar